Binary space partitioning (BSP)
adalah metode mengoptimalkan adegan statis dengan memisahkan geometri dalam
hirarki rekursif daun BSP dan node, membentuk pohon BSP. Sebuah pohon BSP dapat
digunakan untuk mengoptimalkan tabrakan, oklusi, dan perhitungan lainnya,
termasuk dengan daerah besar adegan yang tidak relevan. Keuntungan kinerja
biasanya eksponensial ketika pohon BSP digunakan
Contoh :
•
Dengan bidang
P1 kita membagi ruang menjadi 2 kelompok objek.
•
Salah satu
dari kelompok objek berada di belakang, dan kelompok lain di depan
•
Objek A dan
C di depan P1
•
Objek B dan
D di belakang P1
Kelebihan Binary Space Partitioning Trees
- Cepat
Kekurangan Binary Space Partitioning Trees
- Sulit diimplementasikan
- Hanya dapat mengurutkan polygon statik, sehingga tidak
cocok untuk situasi dimana banyak terdapat polygon dinamik seperti dalam game)
0 comment:
Post a Comment