Sedikit kami bantu ya untuk tugas makalahnya :)
Metode Hidden Surface Removal
Jika ada dua objek digambar, gambar A kemudian gambar B maka pada suatu sudut
pandang tertentu akan nampak objek B menutupi objek A, tapi jika melihat dari sudut
pandang yang berlawanan maka objek A harus berada di depan objek B. Relasi saling
menutupi ini harus dipertahankan dalam menggambar layar yang realistik. Oleh karena
itu digunakan metode hidden_surface removal yaitu penglihatan dari objek solid yang
terhalang oleh objek lain. Dalam OpenGL dikenal buffer yang bertugas menangani
masalah ini yaitu depth buffer yang bekerja dengan cara menyimpan kedalaman dan
jarak dari sudut pandang tiap pixel pada windows.
Perhitungan grafika dalam hardware ataupun software mengkonversikan semua
permukaan objek yang digambar menjadi sekelompok pixel pada windows dimana
permukaan akan tampak jika tidak dihalangi oleh sesuatu. Disini juga dilakukan
perhitungan jarak dari mata ke objek. Dengan menggunakan depth buffer. Jika pixel
baru lebih dekat ke mata daripada nilai pixel sebelumnya di dalam depth buffer maka
nilai kedalaman dan warna pixel yang baru akan menggantikan pixel sebelumnya dan
begitu juga sebaliknya. Sehingga metode hidden_surface removal ini akan semakin
meningkatkan kinerja penggambaran karena informasi yang terbaru sudah
dibandingkan dengan informasi lama dan menggambar salah satu saja. Untuk
menggunakan depth buffer maka tinggal mengaktifkan perintah OpenGL, yaitu
glEnable(GL_DEPTH_TEST) dan ini hanya dilakukan sekali.
@misterpunky
Hidden Surface Removal
Posted by ITFasilkom Tutorial IT Programming on Wednesday, December 12, 2012
|
0 comment:
Post a Comment