Home » » Hidden Surface Removal

Hidden Surface Removal

Posted by ITFasilkom Tutorial IT Programming on Wednesday, December 12, 2012

Sedikit kami bantu ya untuk tugas makalahnya :)

Metode Hidden Surface Removal

Jika ada dua objek digambar, gambar A kemudian gambar B maka pada suatu sudut
pandang tertentu akan nampak objek B menutupi objek A, tapi jika melihat dari sudut
pandang yang berlawanan maka objek A harus berada di depan objek B. Relasi saling
menutupi ini harus dipertahankan dalam menggambar layar yang realistik. Oleh karena
itu digunakan metode  hidden_surface removal  yaitu penglihatan dari objek solid yang
terhalang oleh objek lain. Dalam OpenGL dikenal  buffer  yang bertugas menangani
masalah ini yaitu  depth buffer  yang bekerja dengan cara menyimpan kedalaman dan
jarak dari sudut pandang tiap pixel pada windows.

Perhitungan grafika dalam  hardware  ataupun  software  mengkonversikan semua
permukaan objek yang digambar menjadi sekelompok  pixel  pada  windows  dimana
permukaan akan tampak jika tidak dihalangi oleh sesuatu. Disini juga dilakukan
perhitungan jarak  dari mata ke objek. Dengan menggunakan  depth buffer. Jika  pixel
baru lebih dekat ke mata daripada nilai pixel sebelumnya di dalam  depth buffer  maka
nilai kedalaman dan warna  pixel  yang baru akan menggantikan  pixel  sebelumnya dan
begitu juga sebaliknya. Sehingga metode  hidden_surface removal  ini akan semakin
meningkatkan kinerja penggambaran karena informasi yang terbaru sudah
dibandingkan dengan informasi lama dan menggambar salah satu saja. Untuk
menggunakan  depth buffer  maka tinggal mengaktifkan perintah  OpenGL, yaitu
glEnable(GL_DEPTH_TEST) dan ini hanya dilakukan sekali.

@misterpunky


0 comment:

Post a Comment